Humus Kaliandra Bagus untuk Media Anggrek

Not allow reviews

Descriptions

 
 
Humus kaliandra ternyata bagus dipergunakan sebagai media tanam anggrek. Sosok anggrek jadi lebih kokoh dengan pertumbuhan yang lebih prima. Anggrek itu pun berbunga lebih cepat. Bunganya lebih besar dari biasanya. Penggunaan humus kaliandra sebagai media tumbuh anggrek relatif masih baru, dibandingkan dengan media tanam yang lain yang telah umum digunakan, seperti arang, sabut kelapa, atau pecahan genting. Meskipun begitu, humus kaliandra makin hari makin popular saja. H. Muchyar merupakan salah seorang penganggrek yang telah sukses dalam penggunaan humus kaliandra. Ditemui di kebunnya di Taman Anggrek Slipi Jakarta, ia mengungkapkan bahwa humus kaliandra mempunyai banyak kelebihan daripada media tanam jenis lain yang pernah dicobanya.
 
Berbunga lebih cepat dan lebih besar
Pertumbuhan anggrek jelas sekali lebih pesat. Daunnya jauh lebih besar, demikian juga batangnya. Karena itulah, penampilan tanaman jadi lebih kokoh. Pertumbuhan generatipnya pun sangat nyata pesatnya. Anggrek dendrobium yang biasanya baru berbunga pada umur 17 bulan, dengan humus kaliandra ini bisa dipercepat menjadi 14 bulan. Jenis anggrek Cattleya yang biasanya berbunga pada umur 3 tahun malahan sudah dapat berbunga pada umur 1.5 tahun. Saat mulai berbunga yang lebih cepat ini tentu saja sesuatu yang sangat disukai, terutama oleh pengusaha anggrek. Keistimewaan lain yang diperoleh adalah ukuran bunga lebih besar daripada biasanya. Menurut pengalaman H. Muchyar sendiri, ukuran bunganya bisa bertambah sekitar separo dari ukuran sebelumnya.
H. Muchyar mulai menggunakan humus kaliandra sejak awal tahun 1989. Semula ia melihat hasil pemeliharaan anggrek salah seorang kawannya yang tampil lebih prima. Sampai kini jenis anggrek yang telah dicoba dengan media ini adalah Dendrobium dan Cattleya.
 
Apa komposisi haranya?
Mengapa humus kaliandra mampu memberikan penampilan tanaman yang lebih prima? Untuk dapat menjawabnya dengan lebih akurat, Kami membawa contoh humus kaliandra ke Laboratorium Ilmu-ilmu Tanah Faperta-IPB Bogor. Dari hasil analisa ternyata, humus kaliandra mengandung hara N, P, K, Ca, dan Mg yang cukup tinggi.
Kadar hara dalam humus kaliandra
Unsur              : N       P          K         Ca        Mg
Kadar (%)       :3,15    0,10     0,24     1,00     0,28
 
Awas Jamur!
Humus kaliandra di samping lembut teksturnya juga mudah menyerap air. Daya serapnya kira-kira 3 kali daya serap arang atau pakis. Karena sifatnya ini, tidak mengherankan bila humus kaliandra mudah diserang jamur. Biasanya serangan merajalela pada musim hujan, yang keadaan sekitarnya lembap sekali. Gejalanya dimulai dengan warna permukaan media yang menjadi putih agak kelabu. Untuk menghindarkannya, sebaiknya humus kaliandra yang akan digunakan diberi fungsisida pencegah jamur dulu.
 
Mesti diperlakukan bagaimana?
Untuk mendapatkan media yang siap pakai, ada beberapa perlakuan yang mesti diberikan. Pertama-tama, humus itu mesti direndam dalam air yang sudah diberi fungisida dan insektisida. Sebagai pedoman pemberian, tiap karung kaliandra yang kira-kira beratnya 50 kg direndam dalam larutan 2 sendok makan Benlate (atau fungisida lainnya), dan 1 sendok makan thiodan (atau jenis insektisida lainnya), dalam 20 liter air. Lamanya perendaman cukup 1 hari 1 malam. Setelah itu barulah humus tadi ditiriskan. Keesokannya barulah humus kaliandra tadi siap untuk digunakan sebagai media anggrek.

Similar Products

7630352184434016321

Add a review