Merawat Tanaman Hias Ruangan

Not allow reviews

Descriptions

 
 
Melihat tatanan tanaman hias ruangan yang cantik dan bagus, kita jadi tergelitik untuk memboyongnya pulang. Akan tetapi, agar kondisinya tetap prima, kita mesti tahu cara merawatnya. Biasanya, kita tertarik membeli tanaman hias ruangan karena penampilannya yang menarik dan kondisinya yang prima. Agar tanaman tetap demikian kondisinya, ada cara khusus dalam perawatannya yang perlu kita lakukan.

Penyiraman
Bagi tanaman hias ruangan yang akan ditempatkan dalam ruangan tak ber-AC, jumlah air siramannya perlu disesuaikan dengan ukuran potnya. Kalau ukuran potnya kurang dari 25 cm, tanaman disiram 3 hari sekali. Kalau ukuran potnya lebih besar lagi, tanaman boleh disiram 7-10 hari sekali. Ini karena pot yang ukurannya lebih kecil medianya pun lebih sedikit, karenanya jumlah air yang bisa “dipegang” pun lebih sedikit. Karena itu pada tingkat penguapan yang sama, pot yang berukuran lebih kecil lebih cepat kekeringan.
Akan tetapi, bila ditempatkan di dalam ruangan ber-AC, tanaman mesti disiram setiap hari, karena penguapannya berlangsung lebih cepat. Mengapa demikian, tak lain karena dalam ruangan ber-AC udaranya lebih kering. Namun meskipun begitu, tanaman pun jangan disiram berlebihan, supaya akarnya tidak membusuk.

Pemupukan
Berbagai jenis tanaman yang dimanfaatkan sebagai tanaman hias ruangan ini dipupuk sebulan sekali. Untuk itu boleh digunakan pupuk Lauxin dengan konsentrasi 20 cc/10 liter air. Pemberiannya boleh langsung disemprotkan ke tanaman, ataupun disiramkan ke medianya.

Penggantian pot dan media
Penggantian pot dan media tanam biasanya dilakukan 6 bulan sekali. Bisa juga lebih singkat lagi kalau pertumbuhannya sudah berlebihan. Tanaman dipindahkan dari pot kecil ke dalam pot yang lebih besar.
Bersamaan dengan itu medianya pun diganti, agar tanaman mendapatkan pasokan hara yang memadai. Selain itu, dengan media baru, pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik, karena medianya remah. Media yang lama sudah terlalu padat sehingga perkembangan akar terganggu.

Perawatan khusus
Tanaman yang telah ditempatkan di dalam ruangan perlu diistirahatkan di luar. Hal ini penting dilakukan karena kondisi di dalam ruangan berbeda dengan lingkungan tumbuhnya yang biasa. Di dalam ruangan, kelembapan udara sangatlah rendah disertai dengan suhu yang lebih tinggi daripada di udara terbuka. Karena itu bisa dimengerti kalau terlalu lama dalam ruangan, tanaman bisa merana.
Tanaman yang baru dikeluarkan dari ruangan, baik yang ber-AC maupun tidak, tidak boleh langsung diletakkan di tempat yang terang. Perubahan suasana secara tiba-tiba akan merusak tanaman. Sebaiknya berangsur-angsur tanaman diletakkan di tempat teduh atau di rumah plastik dulu, minimal selama 10 hari. Baru setelah itu, tanaman diletakkan di tempat yang terkena cahaya matahari pagi sebelum pukul 10.00 WIB. Lamanya tanaman diletakkan di luar ruangan ini minimal dua kali lipat dari waktu tanaman ditempatkan di dalam ruangan.

Similar Products

711071200186850527

Add a review